Ramalan CNN dan kemungkinan gempa  9 SR

September 20, 2007 at 11:41 pm | In Bencana Alam, Berita, Dongeng Geologi, gempa |

earthquake.jpgMungkin anda sudah membaca CNN yang menyebutkan bahwa Indonesia sedang menunggu datangnya gempa besar. Bahkan disebutkan kekuatan magnitude-nya dapat mencapai angka diatas M8, bahkan mungkin M9

( “Lah inggih Pakdhe, wong CNN menuliskannya memang begitu kok”

 D “Tulisannya engga salah thole, tapi kudu dibaca dengan benar juga”

Bahwa masih akan ada gempa lagi itu PASTI !

Tetapi kapan dan dimana serta besarnya harus dijelaskan dahulu, kan ?

Mengatakan bahwa gempa nantinya akan berkekuatan lebih dari 9SR ini yang perlu diluruskan ! Gempa merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh ” melenting-nya sebuah pegas alam”.

Terjadinya gempa dangkal pemicu tsunami.

gempa-tsunami.jpgPegas alam ini memang digencet oleh gerakan tektonik pada bermacam-macam batuan yang memiliki tingkat pelentingan berbeda-beda. Dari hasil analisanya orang ahli gempa, di sebelah barat pantai SUmatra memang ada beberapa tempat yang memiliki tingkat tekanan atau stress yang cukup besar. Kalau stress ini keluar atau terpicu secara serentak kekuatannya mampu membentuk gempa dengan skala diatas 8, ada yang mengatakan 9. Ingat magnitude 9 itu kekuatannya atau besarnya tenaga yang sudah terkumpul, menurut saya, bukan berarti pasti akan menyebabkan gempa dengan sebesar itu dalam waktu satu kali … Jeglerr !

Pelepasan energi atau stress yang menyebabkan gempa sepotong-sepotong

Namun harus diingat bahwa tidak harus seluruh gempa ini akan terlepaskan tekanan atau stressnya dalam satu kali saja. Bisa saja beberapa kali yang lebih kecil juga. Seperti gempa Bengkulu-Mentawai telah merobek daerah berukuran 240×120 Km di Bengkulu dan setengah dari itu di Mentawai.

Coba lihat disini : http://rovicky.wordpress.com/2007/09/15/gempa-bengkulu-mentawai-dan-gempa-aceh/

dan disini : http://rovicky.wordpress.com/2007/09/18/gempa-bengkulu-mentawai-nias/

Kedua link blog diatas menjelaskan atau menunjukkan sebuah contoh pelepasan energi/stress yang menyebabkan terjadinya gempa yang sepotong-sepotong.

segment-gempa.jpgSecara mudah dapat dgambarkan disebelah ini. Karena ditekan terus oleh gaya tektonik maka seperti mekanisme gempa di gambar atas maka akan terjadi pelentingan masing-masing segment gempa ini. Ada dua kemungkinan yaitu masing-masing segment bergerak sendiri-sendiri dalam selang beberapa waktu, atau dilepaskan sekaligus (lihat gambar kedua, klik saja untuk memperjelas).

update-17sept07.jpg

Gempa yang sepotong-sepotong contohnya seperti gempa Bengkulu-Mentawai. Dalam kasus gempa Bengkulu-Mentawai-Nias ini, masing-masing segment itu bergetar tidak bersama tetapi berselang waktu beberapa jam/hari. Kekuatannya juga tidak lebih dari 8SR. Namun getaran-getaran susulannya masih terasa hingga beberapa minggu setelahnya.

Pelepasan energi atau stress yang menyebabkan gempa sekaligus

Sedangkan kemungkinan lain adalah seperti gempa aceh dimana terjadi perobekan atau pelentingan segment besar yang diperkirakan sepanjang 1000-1300 Km dalam waktu yang sangat singkat. Dan inilah yang menyebabkan tsunami besar-besaran pada waktu gempa aceh 26 Desember 2004.

Gempa Aceh berkekuatan M9 memiliki panjang robekan hingga 1000 Km. Lihat klik gambar disebelah kiri ini. Segment gempa-gempa itu bergerak atau terrobek bersama-sama (dalam selang waktu sangat singkat).

seismic-gap.jpgPotensi gempa dilihat pada penumpukan tenaga (stress)

Daerah berpotensi atau rawan gempa dapat dilihat dengan adanya gerakan yang tertahan berdasarkan penelitian dengan menggunakan GPS. Atau dapat juga dilihat dari adanya seismic gap dari data gempa-gempa yang telah terekam selama ini. Seismic gap adalah tempat-tempat yang berada pada jalur gempa tetapi selama ini tidak terrekam adanya gempa yang terjadi disitu.

Kenyataan yang tidak enak

Jadi dengan demikian harus dimengerti, memang kemungkinan ada gempa besar di barat sumatra itu memang mungkin saja benar. Hal ini diketaui dari adanya penumpukan tenaga disana (sebelah barat Sumatra). Untuk lokasi-lokasi yang diperkirakan menjadi pusat gempa, silahkan lihat petanya disini :

http://rovicky.wordpress.com/2007/09/17/press-release-iagi-tentang-gempa-bengkulu/

Sekali lagi … waktunya tidak dapat diprediksi … skali lagi waktunya tidak dapat di prediksi.

Walaupun tenaganya secara keseluruhan memang bisa saja sekuat tenaga dengan skala M9, namun tidak selalu keluar menjadi satu gempa besar sekali jeglerr! . Semoga robeknya segment-segmen ini terjadi sedikit demi sedikit (dibawah M6), bekali-kali gempa ya ga papa. Kalau saja mirip dengan gempa Bengkulu-Mentawai tentunya tidak menyebabkan tsunami. Mari berdoa semoga saja gerakannya sepotong-sepotong … amien

Tempat lain yang juga “menunggu kedatangan gempa besar

Kalau anda perhatikan di dunia ini juga ada tempat lain yang “menunggu” gempa besar yaitu di San Fransisco, Ca. Disana diyakini akan ada gempa besar (di daratan Calofornia) pada Patahan San Andreas Fault. Di California ini sedang ditunggu gempa kekuatan besar diatas 8. Hal ini dipikirkan karena disesuaikan dengan periodisasinya. Semestinya sudah akan bergetar dalam tahun-tahun kemarin, etapi toh hingga beberapa tahun berlalu gempa itu juga tidak berlalu. Hal ini masih diteliti dan diamati terus menerus. Jelas preparasi terus dilakukan di California sana.

Dont Panic be alert !

Jadi tidak perlu panik, aku sendiri selalu bilang yang penting waspada. Walaupun saya menuliskan adanya harapan tidak seburuk yang tersirat dalam beberapa media, tetapi jangan lengah ya. Termasuk jangan lengah dengan gempa dangkal di Jawa yang justru lebih berbahaya dalam jumlah menelan korban seperti yang sudah ditulis sebelumnya.

WASPADA IS YOUR EARLY WARNING !!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: